Rabu, 15 Agustus 2012

How To Cherish Every Moment ?

Lebih jauh, dalam bukunya “The Miracle of Mindfulness” (1975), Thich Nhat Hanh menyebutkan tiga cara yang perlu kita lakukan agar bisa menikmati setiap momen. Pertama adalah bernafas. Mampu menguasai nafas berarti kita bisa mengendalikan tubuh dan pikiran kita. Ketika kepala kita penuh dengan pikiran, beralihlah ke tubuh kita dan bernafaslah dengan sadar. Ini akan membuat tubuh kita menyatu dengan pikiran kita. Rasakan nafas kita hingga terasa semakin dalam. 

Sebenarnya yang paling dibutuhkan agar kita tetap hidup bukanlah makanan dan minuman tetapi bernafas. Ini sangat mendasar. Orang yang tahu bagaimana cara bernafas dengan benar akan tetap tenang dalam setiap situasi, serta memiliki kunci untuk merevitalisasi tubuh kita. 

Kedua, mengamati diri. Kita harus bersikap seperti seorang pengawal istana yang tidak membiarkan setiap pikiran masuk tanpa kita ketahui pasti siapa dan apa mereka. Untuk itu kita perlu mengamati setiap pikiran yang muncul. Jika kita merasa marah, misalnya, maka katakan kepada diri kita : “Suatu perasaan marah baru saja timbul dalam diriku.” 

Kita juga perlu menyadari apapun yang sedang kita lakukan. Apapun yang sedang kita lakukan, itu harus menjadi hal yang paling penting bagi kita. Jangan berusaha buru-buru untuk menyelesaikannya. 

Ketiga, tersenyum. Menutut Nhat Hanh, cara menarik untuk mempertahankan sikap sadar adalah dengan tersenyum di saat kita bangun tidur, dan mempertahankan senyum itu sepanjang hari. Tersenyumlah dalam kondisi apapun, di saat-saat luang kita, ketika kita merasa tersinggung, ketika kita mendengarkan musik. Senyum tipis membuat kita tidak larut dalam emosi kita. Senyum itu justru akan mengingatkan kita tentang momen kita. 

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)