Selasa, 08 November 2011

Perubahan

Yap, ingin sedikit berbagi cerita tentang PERUBAHAN. ehm, apa sih perubahan itu ? perubahan bisa diumpamakan yang awalnya tertutup menjadi terbuka atau mungkin sebaliknya. Seperti itu simplenya sebuah perubahan itu. Tapi kadang kita tidak bisa memahami perubahan itu sendiri secara harafiah. Kadang kita hanya memandang sebelah mata atau mungkin malah mengabaikan begitu saja apa itu yang dinamakan perubahan. Dan kadang juga baru meributkan perubahan jika semua sudah terjadi dan dampaknya baru terasa. Ya memang begitulah manusia. Terlalu singkat dan terlalu cepat menerima sebuah konflik yang menjadi sebuah pemula dari perubahan itu sendiri. Tidak juga harus dimulai dari sebuah konflik tapi yang pasti perubahan itu juga yang juga sering dicari oleh kebanyakan orang. Perubahan terlalu complicated jika harus dibicarakan panjang lebar. Sekarang banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan perubahan yang beda dari yang lain yang kebanyakan disebut dengan inovasi karena mungkin mereka ingin menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang sebelumnya ada. Kelah perubahan yang tercipta itu membuat orang bertanya-tanya "kok bisa ya ?" Sampai membuat orang terheran-heran dengan perubahan yang terlalu signifikan atau terlalu wao bagi orang-orang awam.

Berbeda dengan perubahan akan sesuatu yang mengubah dunia. Mencoba membicarakan perubahan yang terlalu sering kita hadapi. Mungkin karena terlalu seringnya membuat kita engan untuk mempermasalahkannya atau mungkin lebih tepatnya mengabaikannya. Perubahan akan sebuah tahapan hidup. Ya, perubahan yang membuat kita berpikir terlalu keras. Kenapa apa yang terjadi tidak seindah yang kita bayangkan. Padahal ekspetasi kita mambuat kita yakin dan semakin memperkuat self-effacacy. Tapi ini realnya. Apapaun yang terjadi kita harus siap dengan segala perubahan itu memang. Dimulai dari hal sekecil apapun, perubahan itu pasti akan terjadi. Sebagian dari kita tidak bisa memperkuat benteng pertahanan ketida berada dititik peralihan. Pasti sikap dan rasa kecewa itu ada. Wajar kita sebagai manusia tercipta dengan segala kekurangannya, kelebihan kita hanya tercipta ketika kita bisa menyadari kekurangan dan memperbaikinya.

Perubahan banyak membuat galau. Perasaan ini yang diawali dengan perasaan tidak siap. Tapi kembali lagi ini real kawan. Apa sih daya kita untuk menjadikannya seperti yang ada dalam bayangan kita ? Tak punya daya sedikitpun. Mungkin bisa kita hanya berdoa mengharapkan yang etrjadi tidak jauh melenceng dari ekspetasi kita. Sudahlah, memang perubahan itu ada untuk membuat kita belajar. Belajar untuk mengerti sesuatu yang tak pati. Ada pepatah mengatakan lebih baik sedia payung sebelum hujan. Apapun yang terjadi nanti kita harus bisa bersiap, walapun kekhawatiran hari ini cukuplah untuk hari ini. Karena esok akan aka kekhawatirannya sendiri. Persiapkan semuanya termasuk mental dan tameng yang kuat untuk menghadapi perubahan yang kita sendiri tidak pasti tau kapan itu terjadinya. Tapi ya pasti terjadi. Perubahan be nice ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)