Jumat, 13 Oktober 2017

MENGELUH (?)

Siapa bilang belajar untuk tidak mengeluh itu gampang ? Tidak akan segampang ketika kita mengatakannya memang. Yah, semacam butuh effort yang lebih untuk lebih bisa mengerti dan memahami diri kita sendiri. Kurang ini, kurang itu, kenapa ini, kenapa itu, sellau saja mencoba untuk berebut untuk berkecamuk dalam pikiran kita. Tapi kembali lagi pada upaya kita untuk menghalaunya. Untuk apa mengeluh jika itu hanya akan menyusahkan diri kita sendiri ? Yah, memang benar, terkadang tidak ada pilihan lain selain menikmatinya. Mengeluh hanya akan menjadi semacam tambahan beban untuk diri kita sendiri. Sadarkah kita jika terkadang mengeluh itu berasal dari kita yang selalu berupaya membandingkan hidup kita dengan orang lain ? Tapi kita lebih sering untuk tidak menyadari hal itu. Apa yang kita lihat dan kita bandingkan dengan kepunyaan orang belum tentu begitu adanya.

Mengeluh ? Bukan menjadi solusi ketika kita sudah mendapati jalan buntu, dan pada akhirnya hanya akan membawa kita pada keputusasaan. Lantas, apakah dengan begitu kita hhanya berhenti sampai disini saja ? Tidak. Perjalanan itu masih panjang. Dan petualangan itu masih sangat mengasyikkan jika kita hanya berhenti disini saja. Masih banyak tantangan yang akan membawa kita pada satu tingkat lebih tinggi dari pada level kita saat ini. Berani menantang keterbatasan dalam diri untuk mendapatkan yang lebih dari apa yang kita ketahui dari diri kita sendiri.

Belajar menghargai diri sendiri dengan segala lebih dan kurangnya itu menjadi cara kita untuk lebih bebal dalam menghadapi setiap cobaan yang ada. Tidak pernah kalah dengan mereka yang hanya akan menjatuhkan kita. Tapi bagaimana kita berusaha untuk terus berdiri dalam kemenangan yang nantinya bisa kita nikmati. Hormatilah dirimu sendiri, ketahuilah bahwa kamu mampu dan kamu bisa menjadi lebih dari apa yang sekarang. Cintailah dirimu sendiri, seperti kamu mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk dirimu. Merasalah terberkati oleh semesta bahwa setiap perkara yang ada itu akan semakin mengajarkan pada kita apa itu artinya berjuang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thankyou for reading :)